PENTINGNYA SUMUR BOR DI KEHIDUPAN KITA




Hub hp/wa 085288794040  - 08155555251 Tukang Pengebor Sumur yang Bagus di Jember

Semakin meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia meningkat pula keperluan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Namun hingga sekarang belum semua masyarakat dapat menikmati air bersih secara layak, karena belum semua warga memiliki saluran air bersih. Kemampuan penyediaan air bersih untuk kehidupan sehari-hari bagi manusia adalah hal yang sangat penting,  Air, tanah dan manusia adalah hal yang tidak dapat dipisahkan.

Ketersediaan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari merupakan masalah yang cukup pelik, baik pada musim penghujan maupun musim kemarau, warga memperoleh air bersih dari mata air yang dialirkan ke warung air, dan warga memperoleh dengan membeli air. Hal ini karena kondisi fisik wilayahnya berupa perbukitan dengan batuan yang keras, batu padas, sehingga tidak mudah bagi penduduk untuk membuat sumur. Selain itu air sering kali mengandung bakteri/ mikro organisme lainnya. Air yang mengandung bakteri/ mikro organisme tidak dapat langsung digunakan sebagai air minum, tetapi harus direbus dahulu. Pada batas tertentu air minum diharapkan mengandung mineral agar terasa segar pada waktu di minum.

Air bersih adalah air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah dimasak terlebih dahulu (DepKes RI, 2002). Peningkatan kuantitas air adalah syarat kedua setelah kualitas, karena semakin maju tingkat hidup seseorang meningkat pula kebutuhan air dari masyarakat tersebut.

Di musim penghujan tidak sulit mendapatkan air, terutama buat penduduk yang belum memiliki jaringan air bersih dari perusahaan air minum daerah setempat atau HIPPAM desa dan mereka yang memanfaatkan air sumur, terkadang tidak begitu jernih apalagi bersih, tetapi ada juga sebagian orang yang tinggal diperkotaan ingin mendapatkan air dari sumur dan pemilihan masyarakat yang agak simple seperti sumur bor karena tidak memerlukan diameter lubang sumur yang besar seperti sumur sumur konvensional yang besar dan dalam tapi cuma sebatang pipa yang menonjol dan di pasang keran air atau dipasang pompa air, inilah yang disebut sumur bor,

Sumur yang dihasilkan dengan jalan memasukan pipa kedalam tanah dan mata bor pada titik titik tertentu yang dianggap memiliki sumber mata air. Kegagalan sering terjadi tidak ditemukannya sumber mata air artinya pipa tidak menyemburkan air ketas walau kedalaman pipa yang dimasukan kedalam bumi / tanah sudah lumayan dalam mungkin 15 meter atau 20 meter dan bahkan lebih dalam dari 50 meter. 




0 Komentar